"ECO-Manner" Mengemudi untuk Ibu-Ibu - Seputar Pilkada
Headlines News :

tabloid pulsa

Tabloid PULSA

Infolinks In Text Ads

Infolinks

INFOLINKS

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » "ECO-Manner" Mengemudi untuk Ibu-Ibu

"ECO-Manner" Mengemudi untuk Ibu-Ibu

Written By Unknown on Senin, 22 April 2013 | 23.50


Jakarta, KompasOtomotif – Pada dasarnya, mengemudi ramah lingkungan (Eco-Manner)bisa dilakukan siapa saja, tidak membedakan gender. Namun, menurut pereli Rifat Sungkar, ada beberapa point yang perlu ditegaskan, khususnya untuk pengemudi wanita. Nah, dalam ECO-Manner Institute for Kartini Mitsubishi Mirage diselenggarakan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) untuk memperingati Hari Kartini, di The Foundry 8, SCBD, Jakarta, (21/4), pereli nasional itu menjelaskan bahwa untuk menerapkan ECO Drivingbukan hanya berusaha untuk mencapai konsumsi bahan bakar yang efisien, tetap juga mem-manage diri sendiri.

”Dengan me-manage diri sendiri dalam mengemudi dan meningkatkan skill berkendara terciptalahECO-Manner. Tujuannya, hemat bahan bakar, ramah lingkungan, hemat biaya perawatan, tidak membuat stres, dan nyaman bagi penumpang,” jelas Rifat di hadapan para pengemudi wanita pemilik Mitsubishi Mirage dan wartawan perempuan.

Contohnya, pengendara selalu ingin sampai di tempat tepat waktu. Hasil survei menyatakan, stres timbul karena pengemudi ingin cepat sampai tujuan. Bisa diturunkan, menurut Rifat, misalnya, ke tempat tujuan diperkirakan 15 menit sampai, tapi jangan berangkat mepet. Karena memicu untuk bejek gas, konsumsi bahan bakar jadi tidak efisien. Jadi, harus berangkat lebih awal.x

Berikut tips dari Rifat untuk pengemudi, khususnya perempuan:
  1. No high heels! Sangat tidak disarankan menggunakan sepatu hak tinggi, atau bahkan sandal jepit. Banyak kasus high heels dan sandal jepit nyangkut di antara pedal, dan kaki tak bisa digerakkan. Paling direkomendasikan untuk perempuan mengemudi adalah sepatu flat.
  2. Pengaturan kaca spion. Ini masalah feeling, karena visibilitas sangat penting untuk pengemudi. Kebanyakan perempuan kerap berbohong pada diri sendiri, setelah mobil dipakai orang lain, setelan kaca spion berubah dianggap tidak masalah dan masih bisa digunakan untuk melihat. Sempatkan setel spion kanan-kiri-dalam.
  3. Perhatikan blind spot. ”Banyak kasus bagian samping mobil perempuan penyok karena bertabrakan. Ini harus dilatih. Setelah melihat spion, tengok blind spot sebentar untuk meningkatkan keamanan,” ujar Rifat.
  4. Tips lain standar, misalnya pindah gigi lebih tinggi untuk mencapai rpm rata-rata 2.500, tekanan angin yang direkomendasikan 30 Psi, hingga jarak tubuh dan pengemudi yang ideal 25 cm.
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SPONSOR

networkedblogs

tabloidpulsa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Pilkada - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya