IPI : Pilwali Makassar akan Berlangsung Ketat - Seputar Pilkada
Headlines News :

tabloid pulsa

Tabloid PULSA

Infolinks In Text Ads

Infolinks

INFOLINKS

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » IPI : Pilwali Makassar akan Berlangsung Ketat

IPI : Pilwali Makassar akan Berlangsung Ketat

Written By Unknown on Jumat, 26 April 2013 | 03.37

Makassar (ANTARA Sulsel) - Lembaga survei Indeks Politica Indonesia (IPI) Makassar memprediksi Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Makassar akan berlangsung ketat dengan banyaknya peserta yang ikut bertarung pada 18 September 2013.

"Diprediksi akan berlangsung ketat dengan melihat paket bakal calon wali kota dan wakilnya dengan dukungan parpol, geopolitik, dan kekuatan finansial yang ada," kata Direktur IPI, Suwandi Idris Amir, di Makassar, Jumat.

Ia menjelaskan pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto-Syamsu Rizal (DIA) diprediksi akan mengandalkan mesin politik Partai Demokrat, kemudian pasangan Ilham-Aziz (IA) akan mengandalkan kekuatan finansial dan relawan pasca-pemilihan Gubernur Sulsel lalu.

Sementara pasangan Muhyina Muin-Syaiful Saleh Tagline Makassar Bergerak, meskipun memilih jalur independen, tetapi mereka diprediksi mampu bersaing karena didukung kekuatan finansial dan geopolitik antara paket perempuan-laki-laki, Mandar-Bugis, dan politisi/pengusaha-birokrasi.

"Ditambah jaringan akademisi dan Muhammadiyah, karena Syaiful Saleh diketahui salah satu tokoh Muhammadiyah, sekaligus akademisi dan birokrat di lingkup pemerintahan Kota Makassar," ucapnya.

Menurut dia, kedua paket tersebut adalah representasi kekuatan Ilham Arief Sirajuddin di Pilwali serta juga Pilgub, tentu saja walaupun kedua paket tersebut memiliki persiapan matang, namun lawan mereka yang merepresentasikan pasangan Syahrul-Agus (Sayang) Jilid II yang memenangkan Pilgub 2013 juga mempunyai kekuatan besar. 

Ia menyebutkan gerbong pasangan "Sayang" seperti paket Supomo Guntur-Kadir Halid atau paket Supomo Guntur-Farouk M Beta yang didukung dengan mesin politik yang cukup kuat.

Selain itu, mereka juga didukung geopolitik yang ideal, seperti Supomo Guntur Mantang sebagai pamong senior, sementara Kadir Halid dan Farouk merupakan politisi muda berbakat dan mempunyai potensi.

"Tentunya, berbicara finansial kader-kader Golkar tidak akan kesulitan, karena dikelilingi para pengusaha sukses sebagai penguatan finansial," bebernya.

Pada paket lainnya, bila Rusdin Abdullah berpasangan misalnya dengan Idris Patarai ataukah Apiyati AminSyam hingga melirik Irianto Kasim, kata dia, siapapun yang digandeng Rusdin Abdullah akan membuat paket ini menakutkan, kekuatan finansial dan geopolitik yang mengbungkus paket ini cukup kuat, meskipun jalur independen. 

Sedangkan paket Adil Patu-Isradi Zaenal mengandalkan mesin Partai PDK dan Gerindra dan mereka juga adalah paket yang kuat dengan geopolitik finansial juga telah siap. 

Isradi Zaenal diketahui sebagai pengusaha sukses asal Kalimantan, tetapi Adil Patu dikenal loyal ke pasangan "Sayang" malah merapat ke Rudiyanto Asapa yang juga mantan calon Gubernur Sulsel.

"Kelima potensi paket tersebut akan bersaing ketat untuk memenangkan Pilwali Makassar pada 18 September nanti dengan prediksi juga sangat bersinggungan," katanya.
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SPONSOR

networkedblogs

tabloidpulsa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Pilkada - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya