Jelang Pilgub Polres Tetapkan 14 Daerah Rawan Konflik - Seputar Pilkada
Headlines News :

tabloid pulsa

Tabloid PULSA

Infolinks In Text Ads

Infolinks

INFOLINKS

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » Jelang Pilgub Polres Tetapkan 14 Daerah Rawan Konflik

Jelang Pilgub Polres Tetapkan 14 Daerah Rawan Konflik

Written By Unknown on Kamis, 25 April 2013 | 03.53



Menjelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Bali, Polres Klungkung memetakan 14 daerah yang disinyalir rawan terjadi konflik politik. 14 daerah itu bakal menjadi fokus pengamanan Polres, selain 49 desa/kampung/kelurahan lain yang ada di Klungkung. Hal itu terungkap dalam latihan pra ops. mantap praja agung 2013, Selasa (23/4) lalu. Kegiatan ini rencananya diselenggarakan selama tiga hari dan diikuti 440 anggota polisi. 

Kasubag Humas Polres Klungkung AKP I Made Sudanta, Rabu (24/4) kemarin mengutip dari pertemuan itu menyampaikan 14 daerah itu tersebar di empat kecamatan di Klungkung. Untuk Kecamatan Banjarangkan, antara lain Desa Nyalian, Takmung, Aan dan Tusan, Kecamatan Klungkung di antaranya Kelurahan Semarapura Kangin, Desa Tegak dan Selat. Kemudian Kecamatan Dawan, di antaranya Desa Pikat, Pesinggahan, Gunaksa dan Kusamba. Sementara untuk Kecamatan Nusa Penida, ada tiga daerah, tepatnya di Desa Kutampi, Tanglad dan Batununggul.

Penetapan itu berdasarkan berbagai aspek kerawanan, seperti fanatisme para pendukung parpol, kemungkinan adanya bentrok antarpendukung masing-masing parpol atau calon serta pengerusakan gambar calon dan atribut partai. Selain itu, kerawanan daerah tersebut juga berdasarkan adanya indikasi black campaign dan money politics yang bisa berujung pada tindak kriminal.

Sudanta menambahkan, operasi mantap praja ini juga melibatkan instansi samping, seperti TNI, yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif guna menjamin keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pilgub Bali 15 Mei mendatang. Dalam operasi ini, polisi akan melakukan diteksi dini, meliputi kegiatan penyelidikan, pengamanan dan penggalangan terhadap faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya gangguan kamtibmas selama Pilgub Bali. Kemudian memberikan penyuluhan dan penerangan kepada masyarakat agar mematuhi/mengikuti imbauan dari petugas kepolisian untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas. Sehingga kegiatan Pilgub Bali dapat berlangsung aman dan lancar.

Selain itu, kegiatan penjagaan dan patroli di kantor-kantor, seperti KPUD Klungkung, Pemda Klungkung, DPRD Klungkung, serta kantor-kantor lainnya yang terkait dengan pelaksanaan Pilgub Bali. "Dengan jumlah pemilih 156.897 orang pada 340 TPS, tentu kami akan melakukan pengamanan secara menyeluruh, agar pelaksanaan pilgub berjalan aman dan lancar," kata Sudanta.

Latihan pra ops. mantap praja agung 2013 ini akan diakhiri dengan pelaksanaan simulasi penanggulangan gangguan kamtibmas dalam situasi Pilgub Bali hari ini.
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SPONSOR

networkedblogs

tabloidpulsa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Pilkada - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya