Menhan Buka Pameran Teknologi di UPN Surabaya - Seputar Pilkada
Headlines News :

tabloid pulsa

Tabloid PULSA

Infolinks In Text Ads

Infolinks

INFOLINKS

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » Menhan Buka Pameran Teknologi di UPN Surabaya

Menhan Buka Pameran Teknologi di UPN Surabaya

Written By Unknown on Rabu, 10 April 2013 | 04.26



TEMPO.CO, Surabaya - Menteri Pertahanan Republik Indonesia Poernomo Yusgiantoro membuka pameran produk teknologi tepat guna di Surabaya, Rabu, 10 April 2013. Produk teknologi tepat guna buatan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur itu dipamerkan di Gedung Tecnopark yang baru diresmikan Mei tahun lalu.

Poernomo mengatakan, produk teknologi yang dipamerkan ini bukan produk yang muluk dan susah. "Ini pameran pertanian khususnya aplikasi teknologi tepat guna," katanya. Teknologi ini, menurut Poernomo, untuk menciptakan nilai tambah pada produk pertanian. "Yang tadinya bahan mentah bisa menjadi bahan yang siap pakai. Sehingga bisa langsung dimanfaatkan," ujarnya.

Pemakai produk teknologi tepat guna ini, kata Purnomo, adalah masyarakat di daerah terpencil. Beragam temuan teknologi tepat guna ini dibutuhkan untuk memacu kegiatan pertanian tanaman pangan mereka. Konsumen yang menggunakan teknologi ini banyak berasal dari kawasan Indonesia Timur. 

Purnomo juga mengatakan, pemerintah juga meresmikan bengkel yang menjadi penyedia peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk membuat teknologi tepat guna itu. Dengan kegiatan ini, kata Poernomo, UPN menjadi universitas yang swadana. Artinya, kata dia, mereka bisa mendapatkan pendanaan sendiri dan pendanaan tersebut dipakai untuk membiayai penelitian yang dilakukan dosen.

Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Teguh Soedarto mengatakan, peralatan ini banyak digunakan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal untuk daerah yang memerlukan teknologi sederhana mengolah produk pertaniannya. Teguh mencontohkan, Kabupaten Sigi, Propinsi Sulawesi Tengah yang menggunakan peralatan penyulingan mintak kelapa buatan UPN Veteran Jawa Timur.

"Bagaimana minyak kelapa yang dalam waktu seminggu sudah tengik, setelah menggunakan peralatan penyulingan bisa tahan hingga dua tahun," katanya. Dengan teknologi tepat guna tersebut, kata Teguh, produk pertaniuan masyarakat bisa memiliki nilai jual yang tinggi. "begitu pula dengan pengemasan produk yang alatnya juga kami sediakan," katanya. 

Contoh lain diungkapkan Teguh terkait dengan kebutuhan teknologi tepat guna di daerah penghasil jagung di Jawa Timur. "Kami telah siapkan mesin pengupil jagung, mesin pencacah untuk menghasilkan beras jagung hingga mesin untuk membuat tepung jagung," katanya.

Prinispnya, kata dia, dengan teknologi tepat guna itu, masyarakat akan mampu meningkatkan pendapatannya melalui peningkatan teknologi intermedier. "Jadi antara produk primer ke produk siap konsumsi. Ini yang akan menambah nilai jual produk petani," katanya. Selain itu, untuk memanfaatkan tenaga kerja yang ada. "Penyerapan tenaga kerja di daerah bisa dilakukan," katanya.

Pada akhirnya, kata Teguh, perekonomian di daerah akan tertsu berputar. "Otomatis ketahahan sipil militer di bidang ekonomi dan sosial akan tercipta," katanya. Untuk Indonesia Timur, UPN juga telah telah membuat alat pengolahan sagu. Pameran Teknologi Tepat Guna itu akan digelar selama dua hari hingga Kamis, 11 April 2013. selanjutnya
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SPONSOR

networkedblogs

tabloidpulsa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Pilkada - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya