Solusi Atasi Sampah, Rumah Botol ala Ridwan Kamil - Seputar Pilkada
Headlines News :

tabloid pulsa

Tabloid PULSA

Infolinks In Text Ads

Infolinks

INFOLINKS

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » Solusi Atasi Sampah, Rumah Botol ala Ridwan Kamil

Solusi Atasi Sampah, Rumah Botol ala Ridwan Kamil

Written By Unknown on Kamis, 25 April 2013 | 03.32



BANDUNG- Di kejauhan, rumah di Jalan Cigadung Selatan Nomor VII/a28 itu sudah terlihat berbeda dari rumah yang lain, karena desainnya yang minimalis dengan warna dominan cokelat tua.

Dari dekat, rumah tersebut makin unik karena hampir semua dinding dan benteng yang melingkari rumah terbuat dari botol bekas. Tepatnya, botol bekas minuman berenergi yang berwarna cokelat tua.

Rumah berlantai dua itu milik arsitektur muda jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB), Ridwan Kamil. Puluhan ribu botol terlihat berjejer menjadi dinding rumah dan benteng bagian depan atau beranda lantai satu.

Di bagian luar lantai dua, juga tampak botol-botol itu disusun seperti kubus seukuran 50x50 centimeter. Kubus-kubus dari susunan botol bekas itu diselingi dengan kaca-kaca dengan ukuran serupa.

Dari luar saja, rumah botol itu terlihat nyaman bagi yang memerhatikannya. Disebut rumah botol, karena warga sekitar mengenalnya demikian. Rumah botol ini sudah dikenal oleh kebanyakan warga Cigadung.

Jika bertanya di manakah letak rumah botol, maka warga akan menunjukkannya tepat ke rumah Ridwan Kamil. 

Sayangny saat Okezone mencoba mendatangi rumah botol tersebut tampak sepi, Rabu (24/4/2013). Pemiliknya, Ridwan Kamil, dikabarkan lagi sibuk menyosialisasikan diri sebagai Calon Walikota Bandung periode 2013-2018.

Rumah itu berdiri di antara perumahan elit yang kebanyakan sedang dibangun di Jalan Cigadung Selatan tersebut.

Di bagian depan rumah terdapat rumput dan beberapa pohon taman, sehingga warna cokelat tua rumah berpadu dengan warna hijau tanaman. Suasana ribuan botol yang tersusun rapi dan warna hijau tanaman berpadu dengan lantai yang terbuat dari batu alam berwarna abu-abu.

Di bagian garasi yang berada di belakang rumah, terlihat beberapa orang petugas keamanan yang berjaga. Dengan ramah, petugas keamanan menyodorkan buku tamu kepada tiap tamu yang berkunjung.

“Ya sering juga orang yang sengaja ingin lihat-lihat rumah botol ini,” jelas seorang petugas keamanan.

Petugas tersebut menyebutkan bahwa pemilik rumah sedang tidak ada di rumah. "Mungkin lagi sibuk pencalonan (wali kota)," ujarnya.

Rumah botol tidak lepas dari kreativitas dalam memerlakukan sampah. Botol-botol bekas ternyata bisa menjadi bahan bangunan pengganti semen dan pasir.
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SPONSOR

networkedblogs

tabloidpulsa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Pilkada - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya