Timor Leste Studi Banding Pendidikan Kelautan di Indonesia - Seputar Pilkada
Headlines News :

tabloid pulsa

Tabloid PULSA

Infolinks In Text Ads

Infolinks

INFOLINKS

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » Timor Leste Studi Banding Pendidikan Kelautan di Indonesia

Timor Leste Studi Banding Pendidikan Kelautan di Indonesia

Written By Unknown on Kamis, 11 April 2013 | 04.04



Citizen6, Jakarta: Pendidikan kelautan dan perikanan di Indonesia ternyata diminati oleh mancanegara, salah satunya oleh Republik Demokratik Timor Leste.

Tim delegasi dari negara eks provinsi di Indonesia ini melakukan kunjungan dan audiensi di kantor pusat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPSDM KP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta Pusat, pada Rabu 10 April 2013. 

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka silaturahmi, studi banding, dan penjajakan kerja sama mengenai pendidikan kelautan dan perikanan.

Tim Delegasi Timor Leste ini terdiri dari Wakil Menteri Pendidikan, Marcal Avelino Ximenes, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Abrao Dos Santos, Atase Perdagangan, Adelino Fernandes serta 3 delegasi lainnya. Pada kesempatan tersebut mereka diterima oleh Kepala BPSDM KP, Suseno Sukoyono, Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan, I Nyoman Suyasa, Ketua Sekolah Tinggi Perikanan (STP), Djodjo Suwardjo serta beberapa pejabat Eselon III dan IV lingkup BPSDM KP.

Marcal, salah sati tim delegasi mengatakan pihaknya ingin membangun sekolah kelautan dan perikanan di negaranya. Karena itu, ia bersama tim ingin mendapatkan gambaran dan masukan dari BPSDM KP yang telah lama berpengalaman dalam menyelenggarakan pendidikan kelautan dan perikanan. Karena menurutnya, Indonesia memiliki potensi kelautan dan perikanan yang sangat luar biasa.

Menanggapi hal tersebut, Suseno menyampaikan rasa senangnya menerima para delegasi Timor Leste tersebut. Ia menjelaskan, lembaga pendidikan di bawah KKP, baik pendidikan tinggi maupun pendidikan menengah, menggunakan sistem pendidikan vokasi dan pendekatan teaching factory. 

Pendidikan vokasi adalah mengarah pada pendekatan kebutuhan kompetensi, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tututan dunia usaha, industri serta perubahan regulasi yang terkait dengan kelautan dan perikanan, baik secara nasional mapun internasional. 

Sedangkan pendekatan teaching factory adalah memberikan para peserta didik porsi kegiatan praktek 70% dan teori 30%. Pendekatan ini proses pembelajaran keahlian yang dirancang dan dilaksanakan berdasarkan prosedur dan standar bekerja yang sesungguhnya dalam suatu alur produksi. 

Dengan tujuan untuk menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan tuntutan konsumen atau pasar. Di samping itu, teaching factory juga didukung dengan sarana dan prasaran yang memadai, setara dengan dunia usaha dan dunia industri sesungguhnya. 

Lain halnya dengan apa yang dikatakan Djodjo. Ia mengatakan pola pendidikan di lembaga pendidikan KKP, khususnya STP, mengharuskan para peserta didik tinggal di asrama yang sehari-harinya dibina dan dididik untuk diarahkan ke bidang-bidang keahlian spesifik. Jadwal kegiatan pun diatur, dari mulai bangun tidur di pagi hari hingga tidur di malam harinya dengan menerapkan kedisiplinan dalam segala hal yang berguna dalam pembangunan karakter.

Tim delegasi Timor Leste sangat berantusias menyimak berbagai penjelasan dari BPSDM KP. Dari hasil pertemuan disimpulkan, untuk membangun sekolah kelautan dan perikanan, yang perlu disiapkan pertama adalah Sumber Daya Manusia (SDM) dan kedua adalah alat. SDM dalam hal ini termasuk guru dan dosen yang kompeten dan berpengalaman di lapangan. Untuk alat berarti sarana dan prasarana yang memadai sesuai dengan standar internasional. sumber

Melalui pertemuan ini diharapkan dapat mempererat keharmonisan hubungan antar kedua negara. Ke depannya diharapkan terdapat kerja sama di bidang pendidikan kelautan dan perikanan yang dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU).
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SPONSOR

networkedblogs

tabloidpulsa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Pilkada - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya