WikiLeaks: Indira Gandhi Tawarkan Teknologi Nuklir ke Pakistan - Seputar Pilkada
Headlines News :

tabloid pulsa

Tabloid PULSA

Infolinks In Text Ads

Infolinks

INFOLINKS

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » WikiLeaks: Indira Gandhi Tawarkan Teknologi Nuklir ke Pakistan

WikiLeaks: Indira Gandhi Tawarkan Teknologi Nuklir ke Pakistan

Written By Unknown on Rabu, 10 April 2013 | 04.34



NEW DELHI - India dan Pakistan adalah negara tetangga yang sama-sama memiliki nuklir, dan terkenal sering berseteru. Namun situs WikiLeaks melaporkan, mendiang Perdana Menteri India Indira Gandhi sempat memberikan teknologi nuklir ke Pakistan yang pada saat itu masih dipimpin Perdana Menteri Zulfiqar Ali Bhutto.

"Saya menjelaskan di dalam surat saya pada Perdana Menteri Bhutto tentang kerja sama mengenai keisediaan India untuk membagi teknologi nuklirnya dengan Pakistan, adalah sikap yang sama dan berlaku kepada setiap negara," demikian pernyataan dari kawat diplomatik AS yang dibeberkan oleh WikiLeaks, seperti dikutip Times of India, Rabu (10/4/2013).

Tawaran alih teknologi nuklir itu dilakukan India pada 174 setelah Negeri Bollywood menggelar uji coba nuklir perdananya. Saat itu, Gandhi mencoba meyakinkan ke Bhutto bahwa uji coba nuklirnya tidak pernah ditujukan untuk mengancam Pakistan.

Bersamaan dengan itu, Bhutto mengatakan pula, jaminan yang diberikan Gandhi tidak jauh berbeda dengan jaminan-jaminan sebelumnya. Sikap India dinilai patut disesali dan tidak menghormati pakistan. Bhutto pun memandang uji coba nuklir itu tidak berbeda dengan ledakan senjata nuklir. 

Gandhi pada dasarnya ingin menunjukan, setelah mereka menlakukan uji coba nuklir, mereka akan menjadi bagian dari perjanjian nuklir internasional. Namun beberapa pihak justru salah paham dengan maksud India. 

Selama memimpin, Gandhi pun dikabarkan sering ambigu dalam menjelaskan status nuklir yang dimiliki India. Dalam sebuah wawancara di Kanada, Gandhi enggan berkomentar ketika ditanya mengenai perakitan bom nuklir. 

Seperti diketahui, Pakistan menguji coba senjata nuklirnya pertama kali pada Mei 1998 silam. Saat itu merupakan saat di mana India telah melakukan uji coba nuklir keduanya. selanjutnya
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SPONSOR

networkedblogs

tabloidpulsa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Pilkada - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya