Dari Tiga Cagub, Hanya Ganjar yang Peduli Seni Budaya - Seputar Pilkada
Headlines News :

tabloid pulsa

Tabloid PULSA

Infolinks In Text Ads

Infolinks

INFOLINKS

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » Dari Tiga Cagub, Hanya Ganjar yang Peduli Seni Budaya

Dari Tiga Cagub, Hanya Ganjar yang Peduli Seni Budaya

Written By Unknown on Rabu, 08 Mei 2013 | 06.03



SEMARANG, suaramerdeka.com - Dari tiga pasangan calon gubernur-wakil gubernur (cagub-cawagub), hanya Ganjar Pranowo - Heru Sudjatmoko yang memiliki program khusus untuk seni budaya. Sedangkan dua pasangan calon lain tidak punya program konkret bahkan tidak menyinggung soal seni budaya dalam visi misinya.

Pada Rapat Paripurna Istimewa di Gedung Berlian DPRD Jateng, Rabu (8/5), Ganjar memaparkan visi misinya yang terjabarkan dalam delapan paket program. Pada paket ke delapan berjudul Paket Kebudayaan, Ganjar - Heru berkeinginan melakukan revitalisasi seni, budaya dan wisata.

Paket itu berisi lima program. Pertama, mendorong pembangunan sarana ibadah sesuai budaya daerah untuk membangkitkan kebanggaan daerah. Kedua, melindungi dan mengembangkan kearifan lokal dengan memperkuat identitas dan kekhasan masing-masing daerah.

Program ketiga dari paket tersebut nampaknya akan menjadi favorit kalangan seniman dan budayawan. Ganjar mengatakan, jika jadi gubernur, dirinya akan memfasilitasi ruang ekspresi bagi para seniman dan budayawan daerah dengan membangun gardu atau taman seni budaya rakyat. Selain itu menyelenggarakan jambore tradisional dan seni klasik sesuai kalender Jawa. "Event ini bisa menjadi ikon Jawa Tengah," katanya.

Program pertama hingga ketiga itu sangat berkait erat dengan program ke empat. Yakni pengembangan potensi pariwisata darah dengan mengintegrasikan potensi pariwisata di daerah lain. Namun pengembangan industri wisata, tidak boleh melupakan satu hal penting; kearifan lokal.

Calon nomor urut tiga itu memasukkan program pengembangan kearifan lokal pada poin kelima. Tak hanya melestarikan kearifan lokal yang sudah ada, Ganjar juga mengajak masyarakat untuk menggali nilai-nilai budaya ramah lingkungan. "Banyak dongeng atau legenda kita yang berpihak pada alam. Ini harus dituliskan kembali agar tetap lestari sampai anak cucu kita kelak," katanya.

Sementara itu cagub Bibit Waluyo - Sudijono Sastroatmodjo tidak memasukkan poin seni budaya secara khusus pada visi misi "Bali Ndesa Mbangun Desa Tahap II"-nya. Calon Hadi Prabowo - Don Murdono juga tak memasukkan unsur seni budaya pada visi misinya "Jawa Tengah Maju dan Makmur". Baik dalam enam kebijakan utama pemerintahan, maupun dalam enam prioritas pembangunan daerah HP-Don.
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SPONSOR

networkedblogs

tabloidpulsa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Pilkada - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya