Elektabilitas Edi-Erwan Unggul - Seputar Pilkada
Headlines News :

tabloid pulsa

Tabloid PULSA

Infolinks In Text Ads

Infolinks

INFOLINKS

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » Elektabilitas Edi-Erwan Unggul

Elektabilitas Edi-Erwan Unggul

Written By Unknown on Rabu, 15 Mei 2013 | 22.00



SURAPATI (GM) - Pasangan yang diusung PDIP dan PAN, Ayi Vivananda dan Nani Suryani Dada Rosada menempati urutan pertama tingkat popularitas kandidat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandng 2013 versi hasil survei Rectoverso Institute. Sedangkan tingkat elektabilitas pasangan yang diusung Parti Demokrat, PPP, Hanura, PKB, PBB, PKPI, dan PPRN, Edi Siswadi-Erwan Setiawan menempati urutan pertama dan mengungguli tujuh kandidat lainnya. 

Koordinator survei Rectoverso Institute, Zaenal Arifin mengatakan, hasil survei yang dilakukan pihaknya ini dilaksanakan mulai 2-6 Mei, dengan melibatkan 450 responden dan metode sampling yang digunakan adalah multistage random sampling dengan margin error sebesar 4,7%.

"Responden tersebar di 6 daerah pemilihan (dapil, red) dengan mengambil 15 kecamatan dan 45 kelurahan serta 225 RT," ujarnya dalam jumpa pers, Rabu (15/5). 

Menurut Zaenal, survei ini bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi politik, kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemkot Bandung, dan mengukur pengetahuan masyarakat terhadap pelaksanaan Pilwalkot Bandung 2013.

"Selain itu, juga untuk mengukur tingkat popularitas kesukaan, elektabilitas kandidat, dan mengetahui tingkat perubahan masyarakat dalam memilih pasangan," ungkapnya.

Dijelaskan, untuk tingkat kesukaan, Edi-Erwan meraih 3,47%, Ayi-Nani 3,41%, Ridwan-Oded 3,24%, dan Iswara-Asep Dedy 3,07%, Budi-Rizal 2,95%, Bambang-Alex 2,71%, Wahyudin-Tonny 2,54%, dan Wawan-Sayogo 2,50%.

"Perbedaan ini sangat mungkin terjadi. Karena tingkat kesukaan untuk pasangan Edi-Erwan lebih besar dibandingkan dengan pasangan lainnya," terang Zaenal.

Hasil survei ini juga menyebutkan, angka swing voter cukup rendah yakni di bawah 1%. Dan kemungkinan perubahan pilihan warga berada di angka 51%.

"Khusus untuk perubahan pilihan ini, responden menjawab jika ada isu negatif terhadap pasangan calon yang akan dipilih. Salah satunya siunya adalah seperti yang saat ini sedang hangat diberitakan di media massa," tambahnya.

Disinggung mengenai satu atau dua puitaran, Zaenal belum bisa memprediksikannya. Hal tersebut sangat bergantung kepada strategi pemenangan dan inovasi pergerakan yang dilakukan oleh maisng-masing kandidat," tegasnya.
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SPONSOR

networkedblogs

tabloidpulsa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Pilkada - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya