Internet Butuh Tombol "Delete" - Seputar Pilkada
Headlines News :

tabloid pulsa

Tabloid PULSA

Infolinks In Text Ads

Infolinks

INFOLINKS

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » Internet Butuh Tombol "Delete"

Internet Butuh Tombol "Delete"

Written By Unknown on Sabtu, 11 Mei 2013 | 06.56


KOMPAS.com - Ada ungkapan bahwa sebuah informasi yang beredar di internet akan berada di sana selamanya. Executive chairman Goolge Eric Schmidt tahu betul soal ini.

Jikalau informasi tersebut sebatas foto atau tweet yang memalukan dari masa lalu, tentu bukan masalah besar. Tapi bagaimana jika menyangkut masa depan seseorang?

Inilah mengapa Schmidt berpendapat bahwa sebaiknya ada cara mudah untuk menghapus informasi yang beredar di internet. "Tidak adanya tombol 'delete' di internet adalah isu yang signifikan. Kadang penghapusan adalah hal yang benar," ujar Schmidt seperti dikutip oleh Cnet.

Schmidt mencontohkan seseorang yang melakukan kejahatan saat masih di bawah umur. Hal tersebut memang dihapus dari rekam jejak formal ketika yang bersangkutan tumbuh dewasa, tetapi informasi mengenai kejahatan orang itu bisa jadi tetap beredar di internet dan membuatnya sulit mendapat pekerjaan.

Sikap Schmidt terhadap hal yang berkaitan dengan privasi ini sedikit berbeda dari yang ditunjukannya beberapa tahun lalu. Pada 2009, dia pernah mengatakan, "Jika ada sesuatu hal yang tidak ingin diketahui oleh orang lain, mungkin Anda memang seharusnya tak melakukan itu sejak awal."

Lalu, ketika itu dia juga menjelaskan bahwa mesin pencari, seperti Google menyimpan informasi di internet dalam jangka waktu yang lama sehingga bisa diberikan pada pihak yang berwenang apabila kelak diperlukan.

Google sendiri belakangan diminta penegak hukum AS untuk turut berpartisipasi mengungkap kejahatan dengan menyediakan produk yang memudahkan pengawasan. Usulan itu mendapat tentangan dari kelompok pendukung privasi dan perusahaan internet karena dianggap "bisa merusak reputasi perusahaan". sumber
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SPONSOR

networkedblogs

tabloidpulsa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Pilkada - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya