KPU Segera Tetapkan GUBERNUR-WAGUB NTB Terpilih - Seputar Pilkada
Headlines News :

tabloid pulsa

Tabloid PULSA

Infolinks In Text Ads

Infolinks

INFOLINKS

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » KPU Segera Tetapkan GUBERNUR-WAGUB NTB Terpilih

KPU Segera Tetapkan GUBERNUR-WAGUB NTB Terpilih

Written By Unknown on Minggu, 19 Mei 2013 | 22.51



Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat segera menetapkan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB terpilih periode 2013--2018 hasil pemilihan 13 Mei 2013.

'Pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat provinsi sekaligus penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB terpilih, dijadwalkan 23 Mei 2013,' kata Ketua KPU Provinsi NTB Fauzan Khalid, di Mataram, Minggu.

Ia mengatakan bahwa rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sudah rampung, dan rekapitulasi di tingkat KPU kabupaten/kota akan digelar pada hari Senin (20/5).

Selanjutnya, hasil rekapitulasi dari 10 kabupaten/kota di wilayah NTB akan direkapitulasi di tingkat KPU Provinsi NTB, yang dijadwalkan 23 Mei mendatang.

'Tinggal beberapa hari lagi pasangan calon terpilih akan diumumkan dalam pleno terbuka untuk umum,' ujar Fauzan.

Sesuai dengan jadwal, hasil pemungutan suara pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB periode lima tahun berikutnya itu direkapitulasi di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada tanggal 13--14 Mei 2013.

Selanjutnya, 15--19 Mei, di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan 20--22 Mei di tingkat kabupaten/kota, serta rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat provinsi, 23--25 Mei 2013.

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB periode lima tahun berikutnya itu berlangsung di 8.922 tempat pemungutan suara (TPS) yang menyebar di 1.137 desa, 119 kecamatan, 10 kabupaten/kota.

Hasil penghitungan cepat (quick count) yang dilakukan Jaringan Suara Indonesia (JSI), pasangan calon TGH M. Zainul Majdi dan Muhammad Amin (TGB-Amin) menang dalam pilkada di Provinsi NTB itu.

JSI merupakan salah satu lembaga survei politik di Indonesia yang telah mengantongi sertifikat lembaga Quick Count (QC) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

JSI menggunakan teknik sampling 'multistage random sampling' dengan tingkat kesalahan kurang lebih satu persen, yakni sebanyak 300 sampel TPS dari total 8.922 TPS dengan jumlah pemilih sebanyak 3.478.892 jiwa.

Hasilnya, pasangan TGB-Amin meraih suara terbanyak, yakni 44,63 persen dari total 78.316 suara yang diperoleh dari 296 unit TPS dari 300 TPS sampel, atau sebanyak 98,67 persen suara.

Pasangan calon yang berada pada urutan dua dalam perolehan suara terbanyak, yakni Dr. K.H. Zulkifli Muhadli dan Prof.Dr. H. Muhammad Ichsan (Zul-Ichsan) sebanyak 25,81 persen, disusul pasangan Harun Al Rasyid dan Muhyi Abidin (Harum) dengan 22,08 persen, dan pasangan H. Suryadi Jaya Purnama dan Johan Rosihan (SJP-Johan) 7,48 persen.

Pasangan TGB-Amin menang hampir di semua kabupaten/kota di wilayah NTB, kecuali di Kabupaten Bima dan Dompu yang dimenangi oleh pasangan Harum yang meraih suara 50,73 persen, disusul pasangan Zul-Ichsan dengan 22,79 persen, lalu TGB-Amin 18,64 persen dan SJP-Johan7,84 persen.

TGB-Amin juga kalah di wilayah Sumbawa (Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat) yang hanya meraih 30,62 persen suara, diungguli oleh pasangan Zul-Ichsan yang meraih 55,05 persen. Pasangan Harum meraih 8,63 persen, dan pasangan SJP-Johan meraih 5,70 persen.

Konsultan Citra Indonesia (KCI) juga melakukan penghitungan cepat pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB periode lima tahun berikutnya itu
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SPONSOR

networkedblogs

tabloidpulsa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Pilkada - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya