Puspayoga-Sukrawan Dipastikan tidak Ikuti Debat Ketiga - Seputar Pilkada
Headlines News :

tabloid pulsa

Tabloid PULSA

Infolinks In Text Ads

Infolinks

INFOLINKS

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » Puspayoga-Sukrawan Dipastikan tidak Ikuti Debat Ketiga

Puspayoga-Sukrawan Dipastikan tidak Ikuti Debat Ketiga

Written By Unknown on Jumat, 10 Mei 2013 | 00.44



Metrotvnews.com, Denpasar: Pasangan calon Gubenur dan Wakil Gubernur Bali AA Ngurah Puspayoga-Dewa Nyoman Sukrawan (PAS) dipastikan tidak ikut menghadiri debat publik ketiga yang rencananya digelar Hotel Aston Denpasar dan ditayangkan di Metro TV pada Jumat (10/5).

Pasalnya, mereka memilih untuk berbaur dan menemui masyarakat sebagaimana memang menjadi ciri khas Puspayoga selama ini yang lebih berorientasi ke bawah. 

Perihal ketidakhadiran PAS dalam debat nanti disampaikan Wakil Sekjen DPP PDIP Hasto Kristianto didampingi Ketua Fraksi PDIP DPRD Bali Ketut Tama Tenaya dan Wakil Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga DPD PDI P Bali Nyoman Parta di Denpasar, Kamis (9/5).

Hasto mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan surat resmi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bali yang meminta agar debat ketiga bagi kandidat tidak usah dilaksanakan. 

Alasannya, papar Hasto, debat sebelumnya telah dilakukan 2 kali dan sudah ditayangkan di TV nasional dan 3 TV lokal sehingga secara substansial debat itu sudah cukup dan sudah berjalan sangat baik serta menjadi bagian pendidikan politik kepada masyarakat. 

Selain itu, lanjut Hasto, PDIP memandang menjelang berakhirnya masa kampanye dan mendekati masa tenang Pilgub, waktu yang tersisa sebelum hari pemungutan suara 15 Mei mendatang sebaiknya diisi dengan kegiatan yang mampu membangun harmoni, kedamaian, dan menjaga kondusifitas Pilgub. 

Selain itu, sambung dia, dari pelaksanaan debat kedua diwarnai dengan hal-hal yang bersifat emosional dari kubu Made Mangku Pastika-I Ketut Sudikerta (Pasti-Kerta) dan pendukung mereka.


"Misalnya, dalam beberapa kesempatan, ketika Puspayoga sedang memaparkan pandangan terhadap pertanyaan panelis dan pertanyaan undian, Pastika langsung menyela dengan nada suara tinggi dan emosional," ujarnya. 

Karenanya, tegas Hasto, pihak PAS tidak ingin debat kandidat menjadi ajang menyalurkan emosi salah satu pihak. "Dengan berbagai pertimbangan, paket PAS ingin lebih fokus bertemu dengan rakyat, dan mengadakan acara berdimensi kebudayaan serta bersama-sama berdoa agar Pilgub berjalan damai. Itu lebih jauh penting," tegasnya.

Tetapi, lanjut dia, pasangan PAS tidak pernah takut untuk berdebat. Malah hasil evaluasi terhadap debat pertama dan kedua menunjukkan PAS sudah mampu menyampaikan visi misi dengan baik, menjawab pertanyaan panelis dengan tepat. 

PAS juga mampu menjaga kesantunan dan menahan emosi. Itu terbukti dengan PAS tak henti-hentinya menebar senyum dan nada bicaranya pun lembut, pelan, serta tertata. Bahkan dalam debat kedua, tampak kekompakan dan saling menghargai antara pasangan yang dikenal konsisten. 

Misalnya saat Puspayoga memijat pundak Sukrawan sebagai simbol menghargai dan memotivasi pasangannya. "Kekompakan dan ketenangan itu yang ditonjolkan PAS, bukan emosional. Sejumlah kalangan akademisi pun mengapresiasi kemampuan PAS dalam debat sangat baik. Tapi kami berkeyakinan, kualitas pemimpin diukur bukan dari keterampilan debat tapi bagaimana komitmen menyejahterakan masyarakat dan orientasinya ke bawah. Itulah yang konsisten ditunjukkan PAS," ujarnya.

Kalau tim Pasti-Kerta ingin debat dilanjutkan dan KPU Bali memutuskan debat tetap dilaksakanan, apa PAS tetap tidak hadir? "Kami mengusulkan hal yang substansial untuk menjaga keharmonisan dan kedamaian Bali. Kalau Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap memaksakan debat dilaksanakan, bagi kami tidak jadi persoalan. Silakan dilanjutkan. Tapi kami (PAS) lebih memilih bertemu dengan rakyat," pungkasnya.
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SPONSOR

networkedblogs

tabloidpulsa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Pilkada - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya