Kepras Distribusi Bunga Potong! - Seputar Pilkada
Headlines News :

tabloid pulsa

Tabloid PULSA

Infolinks In Text Ads

Infolinks

INFOLINKS

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » Kepras Distribusi Bunga Potong!

Kepras Distribusi Bunga Potong!

Written By Unknown on Jumat, 07 Juni 2013 | 06.39



CALON gubernur Bambang DH menemui komunitas petani bunga potong di Kota Batu, Kamis (6/6). Dia menunjukkan kekagumannya kepada bunga-bunga hasil budidaya para petani di kota wisata tersebut.
Komoditas bunga potong menjadi salah satu unggulan Kota Batu, yang penyebarannya telah merambah ke berbagai kota di tanah air dan mancanegara. "Bagus-bagus bunganya. Segar. Membuat pikiran juga fresh," ucap Bambang DH, ketika melihat budidaya bunga di Desa Sidomulyo. 

Para petani bunga Batu melakukan budidaya secara berkelompok, mulai pembibitan, penanaman, hingga pemasaran bermacam bunga potong. Bahkan, mereka bisa membuat sendiri pupuk organik, sehingga tanaman bisa lebih bagus dan tahan lama. 

"Kami sudah membuat pupuk organik sendiri. Sekarang kami sedang membangun gudang, dan tinggal atap dan pagar," kata Karyono, seorang petani bunga. 

Bambang DH pun dengan lugas melontarkan pujian. "Hebat, jempol!" katanya. 

Pasar bunga potong dari Batu di antaranya Kota Surabaya, juga Bali, Rawabelong-Jakarta, bahkan sampai luar negeri. Bunganya selain indah, juga batangnya besar dan kuat. 

Mewakili suara para petani, Karyono mengungkapkan, bunga-bunga potong hasil budidaya dari Batu tidak bisa langsung diekspor ke negara tujuan, melainkan harus transit di Surabaya dan Rawabelong. 

"Kalau bisa ke negara tujuan, tentu keuntungan petani akan lebih tinggi lagi dari apa yang kami dapatkan saat ini," kata Karyono. 

Bambang DH terlihat mencermati keluhan itu. Ia setuju jalur distribusi harus dipangkas. "Nanti kita cari solusi bersama agar jalurnya menjadi pendek," kata Bambang DH. 

Karyono menambahkan, para petani bunga potong di Batu telah mengembangkan kerjasama kelompok secara guyub. Mereka saling gotong-royong. Ternyata, para petani itu juga mengenal baik Bambang DH yang dikenal sukses memimpin Kota Surabaya. 

Bertemu Bambang DH, para petani pun menyampaikan dukungan mereka untuk maju dalam Pilgub Jawa Timur 2013. "Kami, warga Sidomulyo sudah bertekad, akan mendukung kemenangan Pak Bambang dalam Pilgub Jatim. Kalau Pak Bambang jadi gubernur, insya Allah Jawa Timur akan maju," kata Karyono disambut dukungan petani bunga Sidomulyo. 

Pernyataan dukungan itu diamini Jatmiko, kepala desa Sidomulyo. Ia mengatakan, asosiasi petinggi dan lurah di Kota Batu, juga mendukung pasangan Bambang DH-Said Abdullah yang diusung PDI Perjuangan. "Kami doakan berhasil Pak Bambang," kata Jatmiko. 

Saat di Desa Sidomulyo, Bambang DH juga sempat melihat green house sederhana milik kelompok petani bunga potong. Ia sangat berminat dengan menggali banyak pertanyaan ke para petani. 

Di Sidomulyo, banyak jenis bunga yang dibudidayakan, di antaranya krisan, mawar, pikok, dan jendron. "Hampir semua jenis bunga ada di sini. Tapi yang paling banyak adalah krisan," terang Saleh, koordinator pembibitan bunga potong. 

Selama Bambang DH di Sidomulyo, banyak warga setempat yang menyalaminya. Bahkan banyak yang minta foto bersama, sambil mengacungkan jempolnya.
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SPONSOR

networkedblogs

tabloidpulsa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Pilkada - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya