UKM Sablon Kaos Meraup Untung di Pilgub dan Pileg - Seputar Pilkada
Headlines News :

tabloid pulsa

Tabloid PULSA

Infolinks In Text Ads

Infolinks

INFOLINKS

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » UKM Sablon Kaos Meraup Untung di Pilgub dan Pileg

UKM Sablon Kaos Meraup Untung di Pilgub dan Pileg

Written By Unknown on Rabu, 05 Juni 2013 | 02.42



Surabaya - Pemilihan Gubernur (pilgub) Jawa Timur menjadi musim yang menguntungkan bagi usaha kecil menengah (UKM) pembuatan sablon kaos. Omset dan produksi pun meningkat sekitar 200-300 persen.

Seperti yang dialami UKM penyablonan kaos milik Suyono (34) warga Banyu Urip Wetan Tengah V/41. Pada Pilgub Jatim ini, mendapatkan order pesanan pembuatan kaos 'gaul' bergambar Jempol ribuan potong dari konsumen simpatisan pendukung pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur (cagub-cawagub) Bambang DH-Said Abdullah. 

Selain itu, juga ada calon legislatif yang menggunakan jasa penyablonan ICO Production, untuk pembuatan kaos.

"Kami bersyukur, selama proses Pilgub ini produksi mengalami peningkatan sekitar 200 sampai 300 persen, dibandingkan dengan hari biasa (normal dan tidak ada even)," ujar owner ICO Production, Suyono kepada detikcom, di lokasi, Selasa (4/6/2013).

Bapak 3 anak ini menerangkan, selama hari biasa hanya memproduksi (menyablon) kaos sebanyak sekitar 100-200 potong per minggu. Namun, semenjak perhelatan Pilgub Jatim dan menjelang pemilihan legislatif (Pileg).

"Sekarang dalam sehari harus menghasilkan sekitar 150 sampai 200 potong," tuturnya.

Suyono menambahkan, untuk memenuhi pesanan dan pengirimannya tepat waktu, membutuhkan tenaga kerja tambahan serta jam kerja juga bertambah.

"Biasanya cuma 2 orang. Sekarang yang bekerja 5 sampai 6 orang. Jam bekerja juga sampai lembur, mulai pukul 08.00 wib sampai pukul 03.00 wib dini hari," terangnya.

Meningkatnya produksi juga berimbas pada peningkatan pendapatan. "Peningkatannya sekitar 200 sampai 300 persen," paparnya.

Harga kaos yang diproduksinya juga bervariatif. Ia mencontohkan, untuk kaos bergambar Jempol (Simbol cagub-cawagub bambang-Said), harganya Rp 35 ribu. Sedangkan kaso pesanan caleg, harganya lebih murah.

"Ya tergantung bahan bakunya seperti cat dan kain," jelasnya.

Sementara cagub dari PDIP, Bambang DH sempat menengok pembuatan produksi kaos 'Jempol' di ICO Production. UKM seperti milik Suyono perlu dikembangkan agar bersaing dengan pengusaha besar.

"Ada tiga hal yang menjadi hambatan yakni pertama akses modal. kedua akses pasar dan ketiga manajemen. UKM ini perlu mendapatkan kredit dengan bunga rendah," terangnya sambil menambahkan, akses pasar bagi UKM dengan menyediakan showroom atau pemerintah menyewakan tempat di mall, agar UKM dapat memamerkan produknya dan dapat bersaing dengan produk pabrikan.

"Ketiga, diberikan pengetahuan tentang manajemen. Dan harus diberikan pemahaman, agar modal usaha tidak digunakan untuk kebutuhan yang konsumtif untuk keluarganya. Supaya modal usaha dapat diputar lagi untuk pengembangan usaha," jelasnya.
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SPONSOR

networkedblogs

tabloidpulsa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Pilkada - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya