Review: Sony Xperia L (C2105), Dual-core Pengganti, Multimedia Lebih Maksi - Seputar Pilkada
Headlines News :

tabloid pulsa

Tabloid PULSA

Infolinks In Text Ads

Infolinks

INFOLINKS

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » Review: Sony Xperia L (C2105), Dual-core Pengganti, Multimedia Lebih Maksi

Review: Sony Xperia L (C2105), Dual-core Pengganti, Multimedia Lebih Maksi

Written By Unknown on Jumat, 12 Juli 2013 | 12.12


Masih sudah memiliki smartphone kelas atas dengan dukungan Quad-core, Sony masih targetkan segmen menengah dengan menggarap smartphone sekelas Dual-core. Melalui seri Xperia L, Sony mengemas smartphone ini untuk menggantikan Xperia Miro dan Xperia J yang sudah lebih dahulu sukses dipasar. Bagaimana kiberjanya? 

Desain

Dimensi: 128.7 x 65 x 9.7mm, 137gram; full touchscreen; materialplastik; port audio 3.5 mm;volume rocker, tombol power/lock, tombol shutter; lubang mic; port microUSB(sekeliling ponsel dari sisi atas). 
Jika dilihat dari arah depan, sepintas bodi ponsel ini mirip dengan Xperia E yang memiliki sisi menipis di bagian atas dan bawah. Namun uniknya, Xperia L memiliki struktur bodi yang melengkung (jika dilihat dari samping).Karakter desain yang disuguhkan Xperia L bisa dibilang sama persis dengan Xperia J.



Layaknya karakter disain smartphone mid-end, desain Xperia L juga diramaikan dengan lis silver di sekeliling bodi. Menariknya, di area lis bawah terdapat Illumination effect LED, yang akan menyala jika ada notifikasi masuk (missed call atau message). Sama seperti Xperia Miro dan Xperia J.

Cover belakang dilapisi bahan doff yang membuatnya terasa kesat dan tak mudah licin. Sayang, untuk membuka cover ini Anda memerlukan ketelitian dan kesabaran. Pasalnya, sisi yang agak menipis di kedua ujung bodi memiliki lengkungan yang menutupi rangka dalam. Anda harus mencongkel lubang di sisi kiri bodi, dan melepas bagian atas lebih dulu baru mendorongnya sedikit ke arah bawah untuk melepaskan cover belakang. Cukup merepotkan.





Di bagian dalam, Anda akan menemukan slot kartu SIM dan microSD. Untuk menyeisipkan kartu SIM, Anda tak perlu melepas baterai. Namun, jika ingin memasukan kartu memori ekspansi micro SD, baterai harus dilepas lebih dulu. Karena, posisi slot kartu microSD ada di bagian bawah slot kartu SIM.

Display

Layar sentuh TFT kapasitif, 16 juta warna,480 x 854pixels (FWVGA), 4.3 inches (~228 ppi pixel density), 5 point multi touch; Scratch-resistant glass
Sesuai segmentasinya, layar Xperia L hanya memiliki resolusi FWVGA belum HD 720p layaknya Xperia SP maupun full HD seperti Xperia Z. Meski begitu, tampilan gambar maupun warna yang terpancar di layar smartphone ini tetap terlihat jernih dan terang.

Dibanding beberapa smartphone sekelasnya, layar Xperia L justru lebih ciamik dengan kerapatan piksel yang mencapai 228 ppi.


Sebagai tambahan, meski tak didukung teknologi Gorilla Glass, namun layar Xperia L ini ternyata sudah dibekali lapisan anti gores loh. Walaupun kualitasnya standar, namun teknologi ‘scratch resistant’ yang dimilikinya sanggup melindungi LCD ponsel ini dari goresan benda tajam.

Sistem Operasi dan UI

Android OS, v4.1.2 (Jelly Bean)
Sektor ini, nampaknya tak banyak perbedaan yang terlihat antara Xperia L maupun generasi Xperia lain yang menggunakan versi Android yang sama. Misalnya saja Xperia SP, Xperia Z/ZL. 

Antarmukanya tetap mengnyuguhkan karakter khas Sony Xperia. Mulai dari struktur home screen, wallpaper hingga lock screen yang menghadirkan dua shortcut favorit (Walkman dan Kamera) mengapit jam digital.





Layar utama Xperia L juga menawarkan multipanel yang dapat dipercantik menggunakan widget maupun shortcut khas Android Jelly Bean. Sayang, interface khas Xperia yang sempat hadir di awal kemunculan flagship Sony Xperia (Timescape) tak lagi di jumpai di generasi baru ini. Padahal, di Xperia Z/ZL ada fitur yang menyerupai Timescape yakni Socialife.

Hardware dan Benchmark

Prosesor Dual-core 1 GHz,Qualcomm MSM8230 Snapdragon chipset, Adreno 305GPU; 1GB RAM, Internal Storage: 8 GB (5.8 GB user available), external: microSD up to 32 GB, baterai Li-Polymer1700 mAh
Jeroan yang dimiliki Xperia L di bawah rekan satu mereknya Xperia SP yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon Dual-core 1.7 Krait, dan menjadi jawara di kelas Dual-core saat ini.




Jika dikomparasi dengan smartphone Dual-core sekelasnya, Xperia L terlihat cukup superior. Bahkan, beberapa smartphone Quad-core berhasil dikalahkannya. Hal ini terlihat dari hasil uji benchmark menggunakan aplikasi Antutu dan Quadrant.



Dengan performanya ini, Xperia L mampu ‘melibas’ semua game/aplikasi berkualitas tinggi dengan lancar. Untuk mendukung performanya ini, Xperia L menggunakan baterai Li-Polymer berkapasitas 1700 mAh sebagai sumber powernya.


Dengan dukungan ‘Power Management’ yang maksimal lewat fitur “Stamina Mode”, kinerja baterai Xperia L ini bisa meningkat hingga 3x lipat. Namun tentunya akan menonaktifkan beberapa fungsi yang tak digunakan semisal data, WiFi, Bluetooth, GPS, screen brightness dan sebagainya.

Konektifitas

GSM 850 / 900 / 1800 / 1900; HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100;GPRS up to 85.6 kbps, EDGEup to 237 kbps,HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot, Bluetoothv4.0 with A2DP, NFC, microUSB v2.0
Seperti para pesohornya, Xperia L juga hadir dalam beberapa varian yakni C2104 dan C2105. Hal ini untuk membedakan wilayah penyebarannya terkai penggunaan frekuensi jaringan seluler di masing-masing negara. Untuk di Indonesia, versinya adalah C2105 yang mendukung quadband GSM dan WCDMA 900/2100 MHz.




Soal kecepatan akses data, jalur 3.5G yang ditawarkan smartphone ini tak perlu diragukan lagi. Namun, untuk kualitasnya tentu saja tergantung pada performa jaringan seluler milik operator yang digunakan.




Untuk jalur koneksi lainnya, Xperia L tergolong ‘royal’. Hampir semua saran tersedia, mulai dari WiFi yang dibekali kemampuan WiFi hotspot dan WiFi Direct, Bluetooth yang juga bisa dimanfaatkan untuk berbagi koneksi internet (Bluetooth tethering), NFC hingga port kabel data micro USB yang bisa digunakan sebagai media penghubung ke PC/laptop bahkan untuk membaca data dari harddisk eksternal via kabel USB OTG (On The Go).

Kamera & Multimedia

8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash,Geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization, HDR, sweep panorama; kamera sekunder: VGA; Perekam video:720p@30fps, video stabilization; Walkman player, Radio FM, Video
Segmen ‘menengah’ yang disasar Xperia L nampaknya sesuai dengan fasilitas multimedia yang diembannya. Kamera 8MP yang ditanamkan memang menjadi resolusi ‘wajib’ untuk smartphone mid-end saat ini. Sama seperti Xperia SP.

Meski begitu, fitur pendukung kamera yang dibenamkan cukup mumpuni. Bahkan digadang-gadang lumayan tangguh untuk fotografi mobile. Saat PULSA menjajalnya untuk foto, hasil yang didapat cukup bagus dengan penyerapan warna serta cahaya yang pas. Supaya hasil foto bisa lebih maksimal, Anda bisa bereksperimen dengan fitur HDR, white balance maupun exposure.





Selain kamera, Xperia L juga menonjolkan sisi multimedia khususnya Walkman player, video dan radio FM. Interface Walkman player yang ditampilkan smartphone ini khas generasi Xperia, dengan beragam fungsi tambahan untuk memaksimalkan kemampuan audio player. Mulai dengan hadirnya pengaturan equalizer, hingga teknologi ClearAudio+ yang memberikan kejernihan suara. Menariknya lagi, Anda bisa mengintegrasikan Walkman player dengan pencarian online musik via YouTube, PlayNow, Wikipedia serta lirik lagu termasuk versi karaokenya.





Hasil Kamera



Kelebihan
• Desain Keren
• Sarana koneksi lengkap (3.5G, WiFi, NFC, Bluetooth)
• Kamera dan fitur pendukungnya tangguh

Kekurangan
• Tidak didukung teknologi Bravia Engine
• Video Belum HD 1080p
• Membuka cover belakang sedikit merepotkan
• Harga Cukup Mahal

Kesimpulan

Menilik harga yang hampir mendekati Rp 3 jutaan, Xperia L tergolong mahal. Pasalnya, di pasaran Anda masih bisa menemukan produk kompetitor dengan spesifikasi yang tak jauh beda, tapi dibanderol dengan harga yang sedikit lebih murah. Menariknya, hasil benchmark hardware smartphone ini menunjukan nilai yang cukup tinggi. Bahkan mengalahkan smartphone Dual-core di level yang sama.

Selain itu, ketangguhan sektor multimedia yang ditawarkan Xperia L sepertinya bisa menjadi nilai plus bagi Anda yang tengah mencari smartphone baru.
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SPONSOR

networkedblogs

tabloidpulsa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Pilkada - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya