400 Orang Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an ikut ToT - Seputar Pilkada
Headlines News :

tabloid pulsa

Tabloid PULSA

Infolinks In Text Ads

Infolinks

INFOLINKS

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » 400 Orang Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an ikut ToT

400 Orang Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an ikut ToT

Written By Unknown on Kamis, 11 April 2013 | 04.10



DINAS Syariat Kota Banda Aceh menggelar Training Of Trainer (TOT) bagi 400 guru Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) se-Kota Banda Aceh, Kamis (11/4) di Aula Lantai II, Gedung C Komplek Balai Kota Banda Aceh.

Training Of Trainer metode iqra’ bagi guru TPA ini dibuka Asisten Administrasi Umum Pemko Banda Aceh Ir T Buchari Budiman M Si.

Dikatakan Buchari Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) merupakan satuan pendidikan keagamaan luar sekolah yang menyelenggarakan pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode iqra’ baik yang dipusatkan di masjid, meunasah, balee maupun tempat lain yang dianggap memungkinkan.

Lanjutnya, dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan kualitas peserta didik di TPA dan TPQ dalam wilayah Kota Banda Aceh, dibutuhkan pembinaan secara menyeluruh baik bidang administrasi, keuangan, kurikulum maupun operasional sehingga TPA/TPQ memiliki standar manajemen yang baku.
Peningkatan pemahaman dan kapasitas ustadz dan ustadzah dalam membina dan melahirkan generasi qur’ani mutlak dibutuhkan. Untuk itu, perlu adanya suatu usaha gradual dalam peningkatan mutu guru TPA/TPQ terutama yang tersebar di kota Banda Aceh.

“Salah satu usaha yang dirasakan cukup penting adalah melakukan training bagi calon-calon trainer metode Iqra’ dari seluruh TPA/TPQ seperti yang dilakukan hari ini” Ujar Buchari.

“Ustaz-ustadzah harus mampu menjadi trainer di bidang metode iqra’, sehingga problematika yang berkaitan dengan pembelajaran di TPA, dapat dicarikan solusi dan diselesaikan dengan baik. Pemko membutuhkan dukungan dan bantuan dari Ustdz/Ustadzah dan kami mengajak seluruh Ustadz/Ustadzah menjadi mitra pemerintah dalam mendidik anak-anak warga kota ini, agar menjadi generasi-generasi qurani, sebagaimana yang dicita-citakan” Pinta Buchari.

Kepala Dinas Syariat Islam, Mairul Hazami SE M Si mengatakan pelatihan metode iqra’ bagi guru TPA dan TPQ ini di ikuti 400 peserta dari 100 TPA/TPQ dalam kota Banda Aceh. Peserta dibagi dalam 10 angkatan yang masing-masing angkatan akan diberi pelatihan selama Tiga hari.

Tujuan dari TOT ini, lanjut Mairul adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang metodelogi iqra’, menjelaskan tentang kiat-kiat membangun motivasi untuk menjadi seorang trainer metode iqra’, mengajarkan tentang bagaimana berkomunikasi efektif dan melakukan praktek berkomunikasi, memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang manajemen, kurikulum dan administrasi TPA/TPQ serta melatih praktek langsung untuk menjadi trainer metode iqra’ serta motivator dalam peningkatan kualitas sumber daya guru TPA.

Untuk memberikan materi kepada peserta, panitia menghadirkan instruktur dari LPPTKA-BKPRMI kota Banda Aceh. Turut hadir pada acara ini, para staf ahli Walikota Banda Aceh, kepala BKPP Kota Banda Aceh M Natsir Ilyas M Hum, para Kepala SKPD, para Camat dan sejumlah undangan lainnya sumber
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SPONSOR

networkedblogs

tabloidpulsa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Pilkada - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya