REKRUITMEN BAWASLU JABAR MENUAI PROTES - Seputar Pilkada
Headlines News :

tabloid pulsa

Tabloid PULSA

Infolinks In Text Ads

Infolinks

INFOLINKS

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » REKRUITMEN BAWASLU JABAR MENUAI PROTES

REKRUITMEN BAWASLU JABAR MENUAI PROTES

Written By rivicsim simangunsong on Minggu, 28 April 2013 | 23.18

Antarajawabarat.com,29/4 - Proses rekruitmen Badan Pengawas Pemilu pengganti panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Jabar menuai protes karena dinilai tidak transparan dan tidak memperhatikan kuota perempuan dan tahapannya saat ini masuk tahap wawancara dengan peserta seleksi sebanyak 12 orang.

Ketua Panwaslu Jawa Barat Ihat Subihat adalah salah seorang yang ikut seleksi anggota Bawaslu dan dinyatakan tidak lolos 12 besar, Minggu, mengatakan dalam pasal 72 ayat (8) UU 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu disebutkan bahwa komposisi keanggotaan bawaslu, bawaslu provinsi dan panwaslu kabupaten/kota memperhatikan keterwakilan perempuan sekurang-kurangnya 30 persen.

"Jika pasal 72 ayat 8 itu tidak dilaksanakan maka pasal itu di hapus saja. Percuma kan kalau hanya dianggap rangkaian kata kata kosong," kata Ihat.

Dirinya sudah sampaikan masalah ini ke komisi III DPR RI, Bawaslu RI dan DPRD Jabar, dan Senin (29/4) akan mengadu ke Komisi Informasi Jabar.

"Saya mau minta transparansi khusunya hasil seleksi rekrutmen anggota Bawaslu Jabar," kata Ihat.

Ia menuturkan, baik Bawaslu RI, Komisi III DPR RI atau DPRD Jawa Barat akan memainta klarifikasi kepada tim seleksi Bawaslu Jabar terkait rekrutmen anggota Bawaslu Jabar.

"Transparansi soal rekrutmen akan kita minta ke tim seleksi. Saya akan mengadukan ke Komisi Informasi Senin. Kan hasil test itu bukan informasi yang dikecualikan," kata Ihat.

Dikatakannya, satu satu tim seleksi yang mengusulkan harus ada perempuan di 12 besar hanya Jerry Sumampau, namun hal ini tidak ditanggapi sama ke-4 tim seleksi lainnya.

"Walaupun ada dua orang perempuan di tim tersebut tapi kedua perempuan itu tidak memperhatikan 'afirmatif action,' keterwakilan perempuan," katanya.

Saat ini tiga orang anggota Panwaslu Jawa Barat yang saat ini masih menjabat dan mengikuti kembali seleksi tidak masuk ke 12 besar.

Ketiga anggota Panwaslu Jawa Barat adalah Ihat Subihat, Dadan Firdaus dan Deddy Farinduany.

Sementara itu, Ketua Tim Seleksi Bawaslu Jabar, Prof Ali Abdurahman mengatakan dari ke-12 orang tersebut tidak ada satupun perempuan karena 12 terbaik dari 74 orang itu semuanya laki-laki. 
Ali menjelaskan, dalam UU Nomor 15 tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu tidak ada kenetuan khusus untuk kuota perempuan.

"Undang-undangnya demikian tidak mengatur kuota khusus perempuan, tapi yang terbaik melalui sistem perangkingan. Ini bukan diskriminatif ya. Kalau ternyata 12 orangnya perempuan, tidak menjadi masalah," kata Ali.

Pihaknya menjamin, tim seleksi merupakan lembaga independen yang ditunjuk Bawaslu RI untuk melakukan rekrutmen calon anggota Bawaslu Jabar.

"Kami tegaskan di sini bahwa Bawaslu independen. Tidak ada pesanan atau titipan dari pihak mana pun," katanya.

Dikatakan dia, proses rektuitmen anggota Bawaslu Jawa Barat sudah nyaris rampung dan Senin (29/4), tim seleksi akan melakukan wawancara kepada 12 orang.

"Tim seleksi akan menjaring 6 orang untuk diserahkan ke Bawaslu RI. Bawaslu RI yang akan menentukan 3 orang calon Bawaslu Jabar dan 3 orang lagi sebagai calon bawaslu waiting list," kata dia.

Dikatakan dia, seleksi Bawaslu Jawa Barat sudah hampir selesai dan jumlah yang daftar mencapai 120 orang kemudian setelah seleksi administrasi terjaring 74 empat.

"Ke-74 orang ini berhak mengikuti ujian tertulis, kesehatan, dan psikologi. Dari 74 kita ambil yang terbaik sebanyak 12 orang," kata Ali.

Ia menuturkan, dari 12 orang akan terpilih enam orang untuk dijadikan calon anggota Bawaslu Jabar, tiga untuk calon jadi, sisanya untuk waiting list.

"Dan penentuan siapa-siapanya itu kewenangan dari Bawaslu RI. Kami hanya memberi rekomendasi dan perangkingan saja," ujar Ali.
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SPONSOR

networkedblogs

tabloidpulsa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Pilkada - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya