Bansos Harus Cair Sebelum Pilwakot - Seputar Pilkada
Headlines News :

tabloid pulsa

Tabloid PULSA

Infolinks In Text Ads

Infolinks

INFOLINKS

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » Bansos Harus Cair Sebelum Pilwakot

Bansos Harus Cair Sebelum Pilwakot

Written By Unknown on Rabu, 24 April 2013 | 09.09


BANDUNG– Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) mendesak Pemkot Bandung segera mencairkan anggaran bantuan sosial (bansos) sebelum Pilwakot 2013-2018 pada Juni nanti. 

“Kebutuhan akan dana tersebut telah mendesak. Walaupun Pemkot Bandung akan mencairkan setelah pilwalkot, kami tetap sesuai dengan prosedur mengajukan proposal agar APBD segera cair. Bagaimana kalau menunggu pilwalkot, kondisi lingkungannya sudah ekstrem,” ujar Ketua LPM Kota Bandung Merdi Hajiji, kemarin. Dia mengatakan, kondisi ekstrem lingkungan yang dimaksud, yakni keberadaan rumah kumuh dan kondisi infrastruktur daerah terkecil kewilayahan. 

Beberapa kelurahan yang melaporkan kondisi tersebut mayoritas terdapat di daerah padat sehingga anggaran hibah untuk program daerah pemberdayaan masyarakat (PDPM) mendesak untuk dicairkan. “Seperti di Kecamatan Kiaracondong, Babakan Ciparay, Batununggal, Coblong, dan Astanaanyar itu sudah mendesak untuk dibenahi,” tutur Merdi. Menurut dia, kebutuhan masyarakat tidak bisa dikaitkan sepenuhnya dengan kondisi politik di Kota Bandung. 

“Terlepas nanti ada kekhawatiran takut digunakan untuk urusan politis atau tidak, tergantung fungsi pengawasan dari anggota dewan yang harus lebih berjalan,” katanya. Kini, pihaknya tengah menunggu karena biasanya April sudah ada proses pendampingan program di lapangan. “Sekarang kan belum ada proses apaapa. Padahal, di lapangan juga sudah banyak warga yang menanyakan dan mengeluhkan di lapangan,” ujarnya. Sementara Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda mengungkapkan, pencairan bansos dan hibah akan tetap dilakukan setelah pilwalkot. 

Hal itu dilakukan untuk menghindari adanya dugaan APBD digunakan untuk kepentingan seseorang dalam pilwalkot. “Pencairan yang sudah bisa dilakukan hanya yang bersifat urgen seperti untuk KPU dan beberapa instansi lain,” kata Ayi. Anggota Badan Anggaran DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mengatakan, peningkatan anggaran hibah tahun ini dilakukan untuk merespons keluhan masyarakat mengenai infrastruktur. Dia pun berharap Pemkot Bandung saat ini dapat mengonsep penanganan masalah yang memadai di kewilayahan. 

Bahkan, menurutnya, parameter keberhasilannya juga tidak jelas. “Seharusnya dengan dana kewilayahan yang ada, saat ini sudah mampu menangani masalahkrusialdilapangan. Misalnya, mengenai pengurangan jumlah angka kemiskinan dan peningkatan infrastruktur,” ujar Tedy. Karenanya, ujar Tedy, belum ada penurunan yang nyata tentang jumlah anak jalanan, rumah kumuh, dan penanganan kemiskinan lain. sumber
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SPONSOR

networkedblogs

tabloidpulsa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Pilkada - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya