Selain Barito Timur, Bawaslu RI Siap Tangani Kasus Pilkada Lainnya - Seputar Pilkada
Headlines News :

tabloid pulsa

Tabloid PULSA

Infolinks In Text Ads

Infolinks

INFOLINKS

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » Selain Barito Timur, Bawaslu RI Siap Tangani Kasus Pilkada Lainnya

Selain Barito Timur, Bawaslu RI Siap Tangani Kasus Pilkada Lainnya

Written By Unknown on Kamis, 18 April 2013 | 06.19



JAKARTA, PedomanNEWS - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menegaskan akan mengkaji kasus-kasus Pilkada (Pemilu kepala daerah) yang rawan konflik termasuk kasus Pilkada Barito Timur, Kalimantan Tengah, terkait kasus dukungan ganda Parpol dalam pencalonan.

Menurut salah satu pimpinan Bawaslu RI Daniel Zuchron, Kasus Pilkada Barito Timur mengemuka karena pasangan calon peraih suara terbanyak diduga tidak memenuhi syarat pencalonan. Bahkan berbagai pihak telah berkali-kali berunjuk rasa menolak penetapan pasangan calon pemenang oleh KPU setempat. 

Zuchron mengatakan dukungan ganda dalam suatu pencalonan Pilkada sudah harus dicegah sejak awal. “Apabila ada dukungan ganda KPUD harus melakukan klarifikasi. Kalau dukungan ganda itu terjadi, ada kemungkinan terjadi pelanggaran kode etik oleh penyelenggara. Mengenai pemilukada Barito Timur, kami akan melakukan pengkajian dulu,” ujarnya melalui keterangan tertulisnya yang diterima PedomanNEWS, Jakarta, Kamis (18/4).

Menanggapi masalah dukungan ganda, Ketua KPUD Barito Timur Muhsin Mashur mengatakan pihaknya sama sekali tidak melanggar kode etik. “Kami sudah melakukan verifikasi dan klarifikasi terkait dengan dukungan ganda Partai Karya Perjuangan. Kami sudah menjalankan tugas sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan enam pasangan calon tersebut ditetapkan dalam rapat pleno terbuka,” kata Muhsin ketika dihubungi wartawan.

Muhsin mengatakan pada proses pencalonan Partai Karya Perjuangan memberi dukungan ke pasangan Ampera-Suriansyah dan Pancani-Zain. “Kemudian kami klarifikasi. Yang sah dukungan Partai Karya Perjuangan ke pasangan Ampera-Suriansyah,” kata Muhsin.

Adapun pemungutan suara Pemilukada Barito Timur diselenggarakan pada 4 April 2013. Jumlah suara sah sebanyak 59.557.

Inilah perolehan suara Pemilukada Barito Timur:

Pasangan nomor urut 1 RM Yamin – Rini meraih 11.171 suara (18,76%), pasangan 2 Ampera AY Mebas-H Suriansyah meraih 18.991 suara (31,80%), pasangan 3 Pancani Gandrung-Zain Alkim meraih 17.853 suara (29,98%), pasangan 4 Hapbaperdo - H Rusli meraih 4.537 suara (7,62%), pasangan 5 Cilikman Jakri-Wasriady meraih 2.529 (4,25%), dan pasangan 6 Yuren S Bahat-Yusran meraih 4.476 suara (7,52%). 

Berdasarkan dokumen yang beredar di kalangan media, dua pasangan calon yakni Ampera-Suriansyah dan pasangan Pancani-Zain tetap mendapat dukungan dari Partai Karya Perjuangan hingga pemungutan suara. 
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SPONSOR

networkedblogs

tabloidpulsa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Pilkada - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya