Mari Pangestu, 5 Besar Calon Dirjen WTO - Seputar Pilkada
Headlines News :

tabloid pulsa

Tabloid PULSA

Infolinks In Text Ads

Infolinks

INFOLINKS

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » Mari Pangestu, 5 Besar Calon Dirjen WTO

Mari Pangestu, 5 Besar Calon Dirjen WTO

Written By Unknown on Jumat, 12 April 2013 | 06.01



GENEVA, KOMPAS.com - Jumlah kandidat calon Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia kini tinggal menyisakan lima nama dan dua kawasan.

Sejumlah sumber diplomatik mengatakan dua kandidat berasal dari Amerika Latin yaitu Herminio Blanco (Meksiko) dan Roberto Azevedo (Brasil). 

Sedangkan tiga kandidat lainnya berasal dari Asia-PAsifik. Mereka adalah Tim Groser (Selandia Baru), Taeho Bark (Korea Selatan), dan satu-satunya kandidat perempuan, Mari Elka Pangestu (Indonesia).

Para perwakilan kelima kandidat akan dipanggil untuk mendengarkan hasil pemilihan putaran pertama yang dilakukan tertutup di markas besar WTO di Geneva, Swiss.

Sejumlah diplomat menilai jabatan direktur jenderal WTO tak lebih dari sekadar "piala" yang indah, sebab orang yang duduk di kursi dirjen tak sepenuhnya bisa mengendalikan WTO. Sebab, kebijakan WTO dikendalikan konsensus 159 negara anggotanya.

Meskipun demikian, jabatan dirjen WTO termasuk salah satu jabatan yang paling diinginkan, karena dengan sistem kerja yang berbasiskan perjanjian bersama dan penyelesaian masalah, membuat WTO bisa menjadi "wasit" di antara negara-negara serta menjadi sebuah organisasi dunia paling berpengaruh selain IMF dan Bank Dunia.

Sebelum proses pemilihan selama enam bulan dimulai pada Desember lalu, para diplomat menginginkan ketua WTO berikutnya berasal dari Afrika atau Amerika Latin.

Keinginan ini ditentang Direktur Jenderal WTO saat ini Pascal Lamy yang menegaskan pemilihan calon ketua baru tidak didasarkan wilayah geografis para kandidat. sumber
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SPONSOR

networkedblogs

tabloidpulsa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Pilkada - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya