Mengemudi Mobil Tanpa Setir Jadi Tren Baru di AS - Seputar Pilkada
Headlines News :

tabloid pulsa

Tabloid PULSA

Infolinks In Text Ads

Infolinks

INFOLINKS

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » Mengemudi Mobil Tanpa Setir Jadi Tren Baru di AS

Mengemudi Mobil Tanpa Setir Jadi Tren Baru di AS

Written By Unknown on Sabtu, 20 April 2013 | 08.17



INILAH.COM, Jakarta - Mengendarai mobil tanpa setir atau roda kemudi yang dilepas sedang menjadi tren baru di kalangan pecinta modifikasi di AS.

Setir yang bisa dilepas bukan hal baru di dunia otomotif. Detachable Steering Wheelselalu digunakan di mobil balap sehingga pengemudinya dapat mudah masuk ke dalam kabin mobil lewat jendela samping.

Kebanyakan mobil balap yang dilengkapiroll cage atau rangka pelindung di bagian kabin memang menghilangkan fungsi dari pintu samping dengan menyambungnya secara permanen.

Setir jenis ini juga banyak digunakan di mobil biasa karena menurut penggunanya bakal terlihat keren dan juga dapat dicopot dan dibawa mereka untuk mengamankan mobil mereka dari pencuri.

Gaya menyetir seperti ini anehnya justru menjadi tren baru di AS, khususnya di kalangan pemilik mobil-mobil modifikasi. Padahal, ini adalah hal yang benar-benar berbahaya.

Bagaimana mereka bisa melakukannya?

Secara alami, mobil yang menggunakan mesin depan dan penggerak roda depan cukup stabil di jalan lurus, walaupun dijalankan tanpa menggunakan setir.

Anda cukup menyalakan mesin di jalan lurus dan memasukkan gigi seperti biasa dan mobil akan tetap berjalan stabil. Ini adalah kecenderungan alami dari tipe mobil seperti ini.

Jika Anda melepas tangan atau bahkan setir Anda dari mobil pada jalanan yang lurus dan tidak berguncang, mobil akan berjalan sempurna. Masalahnya adalah, tidak ada jalan yang benar-benar lurus sempurna dan benar-benar rata.

Jika sedang sial, mobil bisa saja terkena lubang, tikungan mendadak, atau mobil lain bisa saja menyalip tiba-tiba dan Anda tidak dapat mengendalikan mobil karena setirnya dilepas sehingga hal ini sangat berbahaya bagi keselamatan Anda dan mobil.

Namun bagi sebagian orang, hal yang konyol dan berbahaya justru terlihat keren bagi mereka. Dan hal apapun yang keren di zaman sekarang dapat 'menular' secara massal.

Bayangkan jika hal ini kemudian menjadi tren di seluruh dunia.

Mungkin tidak masalah bagi para profesional, tetapi akan sangat berbahaya jika juga terjadi di kalangan remaja. Remaja mungkin akan berlomba-lomba berlama-lama mengemudi tanpa setir untuk menujukkan siapa yang terhebat di antara mereka. 

Menurut Jalopnik, belum dapat diketahui secara pasti kapan tren ini pertama kali muncul.

Tren ini diketahui sempat muncul pada tahun 2007 di forum Honda-Tech. Tetapi foto-foto terbaru dari tren ini baru muncul baru-baru ini di forum pecinta mobil Corvette.

Satu hal yang paling penting, jangan lakukan teknik menyetir seperti ini jika Anda bukan seorang profesional.
Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SPONSOR

networkedblogs

tabloidpulsa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Pilkada - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya