Kenali Ciri dan Penyebab 'V-Belt' Skutik Usang - Seputar Pilkada
Headlines News :

tabloid pulsa

Tabloid PULSA

Infolinks In Text Ads

Infolinks

INFOLINKS

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » Kenali Ciri dan Penyebab 'V-Belt' Skutik Usang

Kenali Ciri dan Penyebab 'V-Belt' Skutik Usang

Written By Unknown on Senin, 22 April 2013 | 23.51


Jakarta, KompasOtomotif — Pada umumnyaV-belt di skutik yang menghubungkan duapulley umurnya tak lebih dari 20.000 km. Jika odometer sudah menunjukkan angka tersebut, sebaiknya pikirkan untuk menggantinya karena, V-belt bisa putus mendadak pada kondisi tertentu, tanpa ada isyarat bunyi-bunyian.

Menurut Subagya, mekanik bengkel resmi Yamaha di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur; ada beberapa ciri untuk mengenali V-belt yang sudah harus diganti. "Biasanya orang malas membuka sendiri untuk mengecek. Makanya banyak kejadian belt putus di jalan atau bisa juga selip, digas tapi enggak jalan," ujarnya kepadaKompasOtomotif beberapa waktu lalu.

Ada dua ciri gejala V-belt mau putus:

1. Lihat cekungan dari huruf V pada bagian bergerigi. Tekan (dari atas atau bawah), jika ada retakan, itu tandanya harus diganti.

2. Dilihat dari samping, sudut bagian yang bergerigi lebih tajam (seperti rantai aus). Ini akibat gesekan dangan pulley. Kalau gejalanya seperti ini, biasanya ada sedikit suara berisik timbul dari rumah CVT.

Untuk menjaga agar V-belt tak cepat aus, Subagya menyarankan agar tidak menggunakan ban di luar ukuran standar. Misalnya, ban bertapak lebar dan berat. Menggerakkan roda itu butuh tenaga lebih besar untuk menarikpulley

. Ini yang sering membuatnya cepat aus.

"Semua bergantung rute. Kalau setiap harinya jarak yang ditempuh panjang, biasanya V-beltcepat aus karena jeda antara dipakai dan istirahatnya lebih banyak dipakainya. Saran saya, cek setiap dua bulan," ungkap Subagya.

Share this article :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SPONSOR

networkedblogs

tabloidpulsa

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Pilkada - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya